Selasa, 13 Agustus 2019

HATI ITU ADALAH RAJA DAN SELURUH TUBUH ADALAH PASUKANNYA

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

HATI ITU ADALAH RAJA DAN SELURUH TUBUH ADALAH PASUKANNYA!.
.
"Hati adalah raja. Dan seluruh tubuh adalah pasukannya. Jika rajanya baik, Maka baik pula pasukannya. Jika rajanya buruk, Buruk pula pasukannya. Hati kita adalah raja dan seluruh badan adalah pengikutnya.
.
Tentu kita tahu bahwa rusaknya seluruh tubuh karena rusaknya hati dan baiknya tubuh karena baiknya hati. Dan sumber bencana yang sering menimpa hati kita adalah karena kita tidak memiliki cinta kepada Allah, Tidak suka dzikir, Tidak menyukai firman allah, Asma allah dan sifat-sifat allah.
.
Allah SWT berfirman:
"Sesungguhnya bukan mata yang buta tetapi yang buta adalah hati yang ada di dalam dada." (Q.S. Al-Hajj:46).
.
Menahan pandangan memang hal yang sangat sulit dan berat, Akan tetapi buah dari memelihara pandangan adalah kenikmatan tiada tara. Diantara kenikmatan tersebut adalah.
.
1). Memelihara pandangan mata menjamin kebahagiaan seseorang hamba di dunia dan akhirat.
2). Akan memberikan rasa kedekatan dengan Allah SWT.
3). Akan menghalangi pintu masuk syaitan ke dalam hati.
4). Hati kita akan diliput oleh cahaya iman yang membuahkan ketenteraman dan kebahagiaan.
.
Uraian ini akan menjadi pepesan kosong yang tidak berarti kalau tidak iman yang menuntun kita memelihara mata dan membentuk suasana hati. Karena dalam kesendirian dan kesepian, Kala tak ada orang mungkin sekali mata dan hati kita bisa berkhianat. Oleh sebab itu semua ini sangat tergantung pada tingkat keimanan dan kesadaran penuh akan "Ilmullah" (pengetahuan Allah).
.
"Dialah (Allah yang mengetahui (pandangan) mata khianat dan apa yang disembunyikan oleh hati."
(Q.S. Al-Mukmin: 19).
.
Akhirnya marilah kita renungkan hadist Rasulullah SAW.
ان تعبد الله كانك تراه فإن لم تكن تراه فإنه يراك
"Hendaklah engkau menyembah Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya yakinlah bahwa Ia melihatmu!".
.
Dan sebagai kesimpulan akhir.
1). Bahwa hakikat kehidupan ini adalah ujian. Salah satu ujian yang paling besar adalah, Mata. Karena mata adalah salah satu pintu masuknya dosa.
.
2). Memelihara pandangan adalah pencegahan yang pertama agar hati bisa terpelihara dan iman bisa stabil.
.
3). Jika memang sudah terlanjur berbuat dosa, Maka kita harus mebersihkan hati kita dengan dzikir, Membaca shalawat, Membaca Al-Qur'an, Dan ibadah-ibadah lainnya.
Semoga kita diberikan kekuatan oleh Allah SWT untuk bisa menjaga pandangan kita dan diberikan hati yang bersih serta iman yang kuat, Aminn".
.
Wallahu'alam, Semoga bermanfaa

والسلام عليكم

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SABAR

ASSALAMU'ALAIKUM. Hadist tentang Sabar yang Perlu di teladani Sabar merupakan perilaku terpuji yang sangat disukai Allah Swt. Umat mu...